Thursday 24 November 2011

Rendang Jengkol



Nahhh yang kemarin ingin ikut 'ngerendang' dengan saya.. inilah penampakan rendang nya... hihihi...hayoooo sapa yang suka... Rendang Jengkol... sengaja rasanya pedes banget biar lebih nikmat makan, apalagi ditemenin ikan asin Jambal roti... huiiiiiii..... Cuaca dingin, lewaaatttttttt :D

Makasih banget Mbak Caecilia Hassmann yang cantik dan baik hati sudah bawain 'kancing levis' ini dari Indonesia. Jengkolnya di tampi Mbak... Haturnuhun pisan ^_^


Rendang Jengkol
by. Vivi Nowotny

Bahan :
500 gr Jengkol rebus sampai empuk, cuci bersih, kuliti, belah dua, memarkan.

500 ml Santan kental
3 cm Jahe, geprek
3 cm Lengkuas, geprek
1 btg Serai, geprek
2 lbr Daun Jeruk
2 lbr Daun Salam

2 buah Cengkih
1 buah Pekak
5 sdm Air asam jawa atau dapat menggunakan 2 - 3 buah Asam kandis

1 sdm Gula merah sisir
Garam dan merica secukupnya

Bumbu halus :
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
4 buah Cabe merah

5 buah Cabe rawit ( Optional )
3 cm kunyit bakar
3 btr kemiri, sangrai

1 sdt Terasi matang ( Optional )
1/2 sdt Jintan ( Optional )


Caranya :
1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan jahe, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam, cengkih, bunga pekak dan air asam. Aduk - aduk sebentar.
2. Tuang santan, garam, merica dan gula, sambil di aduk terus agar santan tidak pecah, tunggu sampai mendidih.  Masukkan Jengkol. Aduk - aduk sesering mungkin.
3. Masak dengan Api kecil hingga santan mengental atau kering. Cicipi sampai di rasa sudah pas. Angkat. Sajikan bersama nasi hangat.


Note:
Banyak cara untuk menghilangkan bau jengkol pada saat merebus diantaranya : Di rebus dengan Abu gosok secukupnya sampai empuk, cuci bersih. Di rebus dengan 1 sdm kopi bubuk dan 1/2 sdt Kapur sirih sampai empuk, cuci bersih. ( Cara ini yang aku pakai ) dan ada juga di rebus dengan cuka sampai empuk, cuci bersih, cara ini dari bess Diah Raki. Dan pastinya banyak lagi cara menghilangkan bau jengkol menurut pengalaman dapur masing-masing. :)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...