Friday 22 July 2011

Martabak Telor ala Abang - abang



Sudah lamaaa banget pesen Telur Bebek sama peternak ... kebetulan disini Telur bebek nggak di jual di supermarket.. Ko gitu ya, padahal kan Telur Bebek enak sekali .. hihihi  ! Ternyata memang orang - orang disini gak doyan sama Telur Bebek.


Cerita sedikit ya temen temen... hihihi ! Kebetulan setiap hari kamis dan sabtu ada yang namanya ` Bauern Markt ´yaitu semacam Pasar tradisional yang langsung di jual oleh dari para petani / peternaknya.. ketemu penjual Telur Ayam yang ramah, sambil nanya bisik bisik ( hihih ) dimana bisa dapetin Telur Bebek,  ehhhh ternyata beliau ini punya Bebek 2 ekor, bertelor hampir setiap hari 1.. jadi nunggu dulu sampai 6 atau 12 butir, baru bisa di ambil Telur dirumahnya... hhihihih.. Telur yang penuh penantian... :D


Cita cita banget kalau dapet Telur Bebek ingin bikin Martabak Telor ala Abang - abang, yang resep kulit nya saya ambil dari Blog nya Chef Sexy ( Mbak Rieke D Riyanti ) dan isi dari Mbak Nilasari, saya modifikasi di isinya. Terimakasih banyak Mbak Rieke, resep - resep nya enak semua :)


Martabak Telor ala Abang - abang
Source : http://masakmasak.blogspot.com dan Nilasari
Modified : Vivi Nowotny

> Bahan Kulit :
250 gr tepung terigu protein tinggi
135 ml air
50 ml minyak goreng
garam
minyak sayur yang banyak untuk merendam adonan


Caranya:
1. Campur menjadi satu bahan kulit, uleni sampai tidak lengket di tangan.
2. Bagi Adonan beberapa bagia timbang masing-masing seberat 70 gr ( untuk 4 buah ), bulatkan. ( Saya kira - kira 90 - 95 gram menjadi 3 bagian )
3. Rendam dalam minyak yang banyak, sampai permukaannya terendam, selama 2 jam. 



> Bahan Isi :
350 gram Daging giling ( Sapi atau Ayam )
1 sdt Bawang Putih Bubuk
1 sdt Curry Powder
1 sdt Gula putih
1/2 sdt Kaldu Bubuk non msg
Garam dan merica secukupnya
2 - 3 sdm Minyak sayur
5 butir Telur bebek ( saya gunakan 4 butir telur bebek + 1 butir telur ayam )


> Bahan Iris :
3 - 4 batang Daun Bawang, Iris tipis
1 siung Bawang Bombay, Rajang halus

Caranya :
1. Panaskan minyak sayur, masukkan semua bahan isi, aduk sampai daging berubah warna dan matang, cicipi, angkat, dinginkan dan siap di gunakan.
2.  Campur semua bahan iris, daging dan kocok bersama telur ( bisa di tambahkan kembali sedikit garam dan merica pada adonan, jika suka ). Sisihkan.
3. Panaskan wajan besar dengan minyak sedikit banyak, gunakan api sedikit sedang, diamkan hingga panas.
4. Olesi tangan dengan sedikit minyak, Ambil 1 bulatan adonan kulit, pipihkan dengan penggiling kayu atau di tarik dengan tangan ala abang-abang itu, secara perlahan.
5. Masukan kulit secara hati - hati agar tidak sobek, kedalam minyak yang sudah panas tadi, dengan kulit melebar, dengan cepat kocok kembali adonan telur tadi, masukkan ke atas kulit, lalu lipat membentuk persegi empat / amplop.
6. Diamkan sebentar sampai bagian bawah sedikit mengering ( berwarna kecokelatan) lalu balikan secara perlahan menggunakan 2 buah sendok kayu, diamkan lalu balikan lagi, begitu seterus nya samai matang.
7. Angkat, tiriskan, potong - potong dan sajikan bersama Kuah dan Acar ( Resep di bawah )

Note :
1. Usahakan untuk martabak telor menggunakan Telor Bebek semua atau 3:1, karena tekstur yang di hasilkan menggunakan telur bebek akan kering ( tidak basah ) dan mengembang bagus.
2. Menipiskan adonan kulit, lebih mudah menggunakan penggiling kayu, lebarkan dan tipiskan lalu tarik secara perlahan tarik tarik dengan tangan, Adonan sangat mudah di tarik dan menipis. Hati - hati jangan sampai sobek pada bagian tengahnya.
3. Saat menggoreng setengah matang, tusuk - tusuk di beberaa bagian martabak menggunakan garpu, lalu suram dengan minyak panas. Supaya adonan telor di dalam matang merata.
4. Selain daging sapi dan ayam, bisa gunakan daging Kambing giling jika suka atau Udang yang di cincang halus.
5. Seperti kata Mbak Rieke, gunakan penggorengan datar - teflon yang berdiameter 30 cm, akan memudahkan saat penggorengan.


-----------

Resep Kuah Martabak

Bahan :
500 ml Air
100 - 150 gr Gula jawa
1 sdm Cabe rawit giling
1  sdm Gula asir
1 - 2 sdt Bawang putih halus ( saya gunakan bawang putih bubuk )
3 sdm Cuka / Air Lemon ( secukupnya)
Garam secukunya

Caranya :
Campur semua bahan, masak samai mendidih, cicipi dan kemudian di saring, sajikan.


Dibawah ini beberapa photo saat pembuatan Martabak telor :












2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...