Tuesday 2 August 2011

Marillenknödel ( Austria )


Hari kedua di bulan puasa, membuat salah satu makanan khas sini yaitu Knödel, isi dari knödel ini bisa macam - macam dari buah buahan hingga isian daging. Knödel yang lembut sangat enak jika di makan selagi panas. :)
Kebetulan Katharina masih kecil jadi belum puasa, jadi Knödel hangat ini untuk dia dan anak tetangga. Buat saya, di simpan dulu di lemari es, tunggu sampai waktu nya buka nanti ... :D

Marillenknödel
Source Christoph Wagner
Modified Vivi Nowotny

Bahan Kulit :
450 gram Kentang, rebus, tiriskan.
200 gram Tepung kentang halus
40 gram Butter
2 butir Kuning telur
Garam sedikit

Bahan Isi :
Buah Apricot, buang Biji.
Gula putih yang kotak ( Jika ada )
Bahan Pelapis :
150 gram Butter
150 gram Tepung roti Bubuk
1 - 2 sdm Gula pasir ( Optional jika ingin rasa manis )
Gula Tepung untuk taburan

Caranya :
1. Kuliti dan haluskan kentang rebus selagi panas, simpan di dalam wadah besar, diamkan dingin.
2. Masukkan tepung kentang, kuning telur, butter dan garam, Aduk kemudian uleni hingga adonan bisa di bentuk. Simpan di dalam lemari es sekitar 30 menit.
3. Keluarkan biji buah apricot dengan cara di tusuk dengan ujung sendok kayu ( bisa di lihat di gambar bawah ). Kemudian masukkan gula pasir kotak ke dalam buah apricot tersebut, lalu ambil Adonan kulit secukunya, bentuk bulat.
4. Didihkan air, masukkan Knödel, rebus hingga mengapung, sekitar 15 menit. Angkat dan tiriskan.
5. Selagi Knödel panas, cepat siapkan wajan, masukkan butter hingga meleleh, gunakan api kecil. Lalu masukkan tepung roti bubuk dan gula pasir, aduk cepat hingga rata. Matikan api.

6 Terakhir masukkan knödel, aduk pelan merata. Angkat. Simpan di dalam piring, taburi gula tepung dan sajikan selagi panas.

Note :
1. Untuk isian buah - buahan kenödel, bisa menggunakan Apel yang di potong kotak di camur dengan gula pasir dan kayu manis bubuk, Pear, Strawberry, Plum, Blackberry, Cherry dsb.
2. Gunakan kentang yang teksturnya mudah buyar ( aduh maaf bahasanya :D ). Jangan yang lengket yang biasa di gunakan untuk Salat.

Step by step pembuatan Marillenknödel :










3 comments:

  1. bes v....sangat sangat menggoda...palagi itu pas liat step by stepnyaaah hadeuuh makin pengen ajah bes >_< yg pke blueberrynya jg g nolaaak >_<

    ReplyDelete
  2. Bess Diii.... Duh coba kalau bisa di kirim lewat pos buah - buah segar yg gak ada di Asia ya bess.... duh pastinya asik banget.... Si papap pasti hoyong ngintun oge... hihihih :D
    Blueberry sy persembahkan hanya untuk mu Bess... *haiiihhhh* ... hihihih :D

    ReplyDelete
  3. Punten Hilap... Bess Di.. Haturnuhun ^_^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...