Tuesday, 10 July 2012

French Macaroons




Macaroons ... yang gak sengaja dibuat karna kemarin tiba" temen dateng bawa telur buanyak banget.. Dia ingin buat lapis legit .. Jadi sisa putih telur sebagian dibuat Macaroons ini.. pas buat ada yang bantuin, ngarsa sangat meringankan Ibu hamil .. Hihihih :D

Saya coba resep macaroon ini dari resep luar yang sedikit di modif sesuai kemampuan sy, Alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan.. terutam...
a keluarga dan teman suka banget... Oya saya gunakan hazelnuts bubuk untguk campuran adonanya ^_^

Macaroons ( French Macaroons / Parisian Macaroons )
by Vivi Nowotny
 


Bahan :
125 gram Almond bubuk ( Saya gunakan Hazelnuts bubuk )
175 gram Icing sugar
3 butir Putih telur ukuran besar
75 gram caster sugar

----

Chocolate Ganache
Bahan :
30 ml Whipping cream atau double cream
100 gram Chocolate semisweet, cincang halus



Caranya :

1. Panaskan oven sampai 160 ° C
2. Campur gula icing dan almond bubuk dalam food processor / blender sebentar, supaya lebih halus, kemudian ayak sebanyak 2 kali agar hasilnya lebih baik, simpan ke dalam mangkuk.
3. Dalam mangkuk terpisah, kocok putih telur dengan sedikit garam, menggunakan mixer hingga soft peaks ( tidak kering ), kemudian secara bertahap masukkan gula kastor sampai kental dan mengkilap. (Pada tahap ini adonan meringue dapat diberikan ekstrak rasa, seperti lemon, dan pewarnaan yang sesuai selera seperti ungu, biru, merah atau kuning )
4. Tuang setengah bahan campuran almond dan gula icing ke dalam adonan meringue dan aduk balik secara perlahan menggunakan spatula. Tuangkan sisa campuran almond dan gula icing kedalamnya, aduk balik secara perlahan hingga adonan tercampuran rata dan mengkilap ( Jangan Overmixed ).
5. Sendokan adonan ke dalam piping bag yang dilengkapi dengan spuit polos atau gunting sedikit ujung pipping bag tersebut.
6. Alasi loyang dengan 2 lembar Baking sheet atau bisa juga gunakan kertas roti. Semprotkan adonan sekitar 2 - 3cm di ke loyang. ( Jika ingin lebih mudah supaya besar / kecilnya macaroons sama yaitu gambar bulatan dengan bantuan cetakan cookies pada alas baking sheet )
7. Ketukan loyang yang sudah terisi pada permukaan meja, bertujuan menghilangkan udara yang terperangkap pada adonan macaroon dan juga agar terbentuknya 'kaki' pada sisi macaroon dengan baik. Diamkan pada suhu ruangan sekitar 5 - 10 menit untuk membentuk kulit permukaan yang mulus. Dan dapat juga di sentuh dengan jari secara ringan dan perlahan pada permukaan adonan yang terlihat tidak rata.
8. Panggang selama 15 menit. Angkat dari oven dan dinginkan.
9. Sementara itu, membuat filling : Didihkan whipping cream, kemudian tuangkan diatas cokelat yang sudah di cincang tadi. Diamkan 1 - 2 menit. Aduk hingga tercampur rata. ( Aduk sesering mungkin agar hasil lebih baik ). Untuk filling dapat di isikan sesuai selera, yaitu creamcheese frosting atau Swiss maringue buttercream atau cokelat ganache atau lainnya.

Tuesday, 3 July 2012




Bekal bermain ... :D
Janji ketemu temen di taman bermain, sambil mengasuh anak" .. Ya sambil ngopi juga .. :D
Resep nyontek dari Bess
Diah Raki.. Sedikit di modif, karna Katharina gak suka isinya dengan rogut.. karena buru-buru posting resep dan link ke Blog Bess Diah besok ya Bess... Punten :D

Nyontek Resep dari Blog Bess Diah :
http://dapur-3d.blogspot.com/2012/03/risoles-ragout-ayam_27.html



Risoles ( Ayam Wortel ) modified by Vivi Nowotny

Bahan Kulit :
200 gram Tepung terigu serba guna
4 butir Telur
1 sdt Garam
500 ml Susu cair UHT ( Kurang lebih )
2 sdm Mentega cair ( hangat / dingin )

Caranya :
1. Aduk rata tepung terigu, garam dan telur hingga tercampur rata.
2. Tuang sedikit demi sedikit Susu UHT sambil di aduk - aduk ( satu arah ) hingga adonan lembut.
3. Terakhir tuangakan mentega cair, aduk hingga tercampur rata.
4. Panaskan wajan anti lengket ( ukuran 12 cm ) dan olesi sedikit dengan mentega. Tuangkan 1 sendok sayur ukuran kecil, adonan kulit tadi. Ratakan secara merata ( membentuk bulatan sesuai dalam wajan ) dan biarkan hingga permukaan cukup matang. Angkat.
5. Lakukan hingga adonan habis.
6. Kulit siap di gunakan

Note :
Jika adonan masih terasa kental, tambahkan susu cair secukupnya.

Clones Pizza




Just simple food.. Salami + Keju Mozarella di balut dengan Dough Pizza .. Namanya Clones Pizza .. Mmmmmmm lagiiiiii ^_^
Resepnya nanti yaaa... :D

Lemon Brandy Snaps





Ups... kesiangan setornya... karna tadi pagi ada urusan yang sedikit menyikta pikiran ( curhat dulu :D )

Alhamdulillah gak kerasa dah kebagian jadi Host lagi, yang seharusnya bulan ini giliran mbak Dida tapi karena Mbak Dida waktu itu masih sakit dan ada urusan penting. :)

Saya pilih tema Brandylah satu kue yang di kenal di Irlandia, Inggris, Australia dan New Zealand. Dan di negara Perancis di ...
sebut juga Gâteaux Croquant à la Crème.

Tentunya terimakasih banyak untuk para LBTers yang sudah berpartisipasi. Kreasi dan Karya para LBTers sangat cantik semua
.. Love you all :)

Untuk resep Brandy Snaps ( Non Alcohol ) ini saya pilih resep dari Mary Berry.




Lemon - Brandy Snaps
Modified by Vivi Nowotny

Bahan :
50 g Butter
50 g Brown Sugar
 50 g Golden Syrup ( Homemade )
50 g Plain Flour ( Tepung serba guna )
1/2 sdt Jahe bubuk
1 - 2 sdt Air perasan Lemon

Caranya :

1. Panaskan Oven 160°C. Alasi loyang dengan baking parchment ( Slipat).
2. Masukkan Butter, Brown Sugar, Golden syrup, Jahe bubuk dan perasan air lemon. taruh diatas api sangat kecil, aduk hingga adonan tercampurrata dan gula meleleh, angkat.
3. Ayak tepung, masukkan langsung ke dalam adonan, aduk sebentar hingga tercampur rata.
4. Sendokkan secukupnya adonan ke atas baking parchment / kertas roti. Atau dapat juga diamkan dingin hingga donan dapat di pulung, bentuk bulat dan taruh diatas loyang.
5. Panggang sekitar 6 - 8 menit, hingga adonan, melebar dan berwarna kecokelatan. Angkat dari Oven dan diamkan sebentar hinngga kue form / set ( hangat ).
6. Angkat dan Gulung di atas pegangan sendok kayu yang sudah di olesi tipits mentega atau minyak. Atau dengan bentuk lain seperti kerucut atau basket.
Diamkan di dalam suhu ruangan hingga adonan dingin. ( Bentuk sesuai selera ) 
7. Siap di beri isi dengan Cherry whipped cream
 
 
Tips :
1.Jangan dilelehkan di atas api besar dan terlalu lama di aduk hingga adonan menjadi keras ( mengkristal )
2. Golden syrup dapat di ganti dengan madu atau maple sirup atau simple sirup atau glucose.
3. Bubuk jahe dapat di skip atau di ganti dengan kayu manis atau lainnya sesuai selera
4. Jika tidak ada baking parchment atau Slipat gunakan loyang anti lengket, bisa juga gunakan loyang biasa yang dioles tipis dengan mentega atau minyak kelapa. 5. Saat menggulung jangan menunggu kue dingin karena akan susah saat menggulungnya

Popcorn Melonpan Bread

Setelah 2 bulan libur PR LBT, bulan Mei ini dimulainya lagi tugas dari LBT. Buat saya PR kali ini penuh perjuangan .. Krn lagi masa "mabok" kehamilan yg dampaknya males banget berada didapur apalagi harus nguprek.. Wahhhh tapi itu yang bikin semangat.. *semangat melawan kemalasan* :D

Tema PR kali ini Melonpan Bread dan Host nya Bess Diah Raki. Buat sy membuat Melonpan ini pertama kali nya. Wahhh...
h ternyata enak sekali.. Keluarga suka *menyenangkan* ^_^

Saya sendiri mengambil dasar roti dengan Popcorn Bread (ldan Cookies dough diambil dari link Youtube yang Bess Di sharing, dan sy modifikasi ^_^

Untuk resep dan beberapa langkah saat pembuatannya, nanti ya saya posting :D

Monday, 5 March 2012

Tau Sar Piah





Alhamdulillah sudah hari senin lagi, semangat semangat semangaatttt... Biar lebih semangat lagi nyoba Kue Piah yuuu.. :D
Kue Piah ini dibuat weekend kemarin, cemilan peneman kopi.. mmmmmm flaky and soft ^_^


Kue Tau Sar Piah
adapted from Delicious Asian Baked
modified from Vivi Nowotny


Bahan Kulit
Bahan A :
125 gram Cake flour
60 gram Shortening

Bahan B :
125 gram Cake flour
35 gram Gula halus
35 gram Shortening
50 ml Air
sedikit garam


Bahan Isi :
100 gram Kcang hijau kupas
1 siung Bwang merah, cincang halus
70 gram Gula kastor
1/4 sdt Kulit jeruk sunkist parut
Sedikit garam
1 sdm minyak jagung

Olesan:
Kuning telur, kocok.


Caranya :
1. Isi : Kacang hijau rendam selama 2 jam atau semalam, tiriskan, kukus dan haluskan. Campur rata dengan gula kastor, garam dan kulit orange.
2. Panaskan minyak, tumis bawang cincang, masukkan campuran kacang hijau halus tadi. Aduk sebentar dan angkat. Sisihkan
3. Kulit : Bahan A di campur dan uleni hingga tercampur rata dan adonan menyatu. Begitu juga dengan Bahan B, dengan cara yang sama. Masing - masing adonan bentul bulat dan bungkus dengan pleastik warp dan simpan di lemari es sekitar 15 menit.
4. Bentuk bulat kecil masing maing adonan. Adonan bahan B di pipihkan dan isi dengan bahan A, Bungkus dengan bahan B tadi. Pipihkan menggunakan rolling pin. Dan lipat sisi kanan dan sisi kiri hingga bertemu, pipihkan kembali. Lipat sisi atas dan sisi bawah hingga bertemu, pipihkan. Lakukan cara ini 2 kali.
5. Masukkan bahan isi, tutup dengan bahan kulit. Simpan dalam loyang. Oles kuning telur. Panggang dengan oven bersuhu 180°C sekitar 20 menit atau hingga kulit berwarna kecokelatan.


Note :
1. Jika tidak ada bahan tepung hongkong flour ( cake flour ) dapat menggunakan tepung serba guna.
2. Jika tidak ada shortening dapat menggunakan minyak jagung atau minyak sayur.
3. Bahan isi bisa di ganti dengan sesuai selera atau kacang hijau halus dicampur dengan parutan keju.
4. Permukaan kue dapat di taburi wijen hitam atau wijen putih.











Friday, 2 March 2012

Lumpia Udang Shiitake



Wahhh lama banget gak ngisi masakan di Blog.. karna adanya kesibukan dan ditambah juga kemalasan :D .. Beberapa hari lalu sempet bikin Lumpia Udang Shitake ini, yang pasti setiap dapur pernah membuat namanya lumpia. Sambil menghitung tanggal mudik, ngemil lumpia.. hihihih *gak nyambung* :D


Lumpia Udang - Shiitake
by. Vivi Nowotny

Bahan Kulit :
Kulit Lumpia siap pakai ( Besar atau Kecil )

Bahan Isi
150 gram Udang, cincang kasar
5 buah Jamur Shiitake, potong dadu kecil
3 siung Bawang merah, cincang halus
2 buah Bawang putih, cincang halus
1 batang Daun bawang, iris halus
3 buah Cabe rawit, iris tipis ( Optional )
50 gram Tauge
1 sdm Saus tiram
1/2 sdm Kecap Ikan
1/2 sdt Gula pasir
1/4 sdt Merica putih / secukupnya
2 sdm Minyak sayur untuk menumis
Minyak sayur yang banyak untuk menggoreng

Perekat:
2 sdm tepung terigu di campur dengan sedikit air hingga kental

Pelapis:
Wijen secukupnya


Cara membuat:
1. Isi : Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi dan layu. Masukkan udang hingga berubah warna dan tambahkan jamur, cabe rawit, daun bawang dan tauge, aduk sebentar. Masukkan gula pasir, garam dan merica, cicipi dan angkat. Sisihkan.
2. Isi tiap lembar kulit lumpia ( saya menggunakan 2 lembar kulit lumpia ) dengan 1 sdm atau secukupnya dengan adonan isi.
3. Lipat kedua sisinya dan gulung hingga padat dan rapi. Rekatkan ujungnya dengan adonan perekat.
4. Oles satu sisi lumpia dengan adonan perekat, lalu gulingkan kedalam wijen.
5. Panaskan minyak sayur, goreng lumpia hingga kecokelatan dan matang. Sajikan 

Note :
Jamur shiitake´kering sebaiknya di rendam dengan air sampai mengembang. Jika tidak ada Shiitake dapat di ganti dengan jamur Champigon atau jamur kancing atau lainnya.
Bahan perekat dari adonan tepung dapat diganti dengan putih telur




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...