Monday 11 July 2011

Soft Coffee Cheesecake



Alhamdulillah sudah LBT#7 lagi... Tema LBT kali COTTON CAKE... pembuatan cake ini cukup menantang, dimana salah satu kunci untuk berhasilnya membuat tekstur yang lembut dan ringan yaitu saat pengocokan putih telur haruslah sangat hati hati, untuk sampai soft peak. ^_^

Hasil karya teman teman semua untuk LBT#7 ini, .. Wahhhh semua sangat luar biasa sekali.. . Terimakasih banyak LBTers untuk berbagi ilmunya. ^_^

Untuk LBt#7 ini saya membuat Soft Coffee Cheesecake. Aroma dan rasa kopi adalah salah satu kesukaan saya dan suami. SCC ini cocok untuk dinikmati pagi atau sore hari, rasa dan teksturnya yang sangat lembut dan "ringan".

Soft Coffee Cheesecake
source : bisousatoi.com
modified : Vivi Nowotny

Bahan :
250 gram Cheesecream
380 gram Fresh Milk
2 sachet 3 in 1 Coffee ( Nescafe )
1 sdt Espresso bubuk
55 gram Cake Flour / All purose flour ( Tepung terigu serba guna )
5 butir Kuning telur
5 butir Putih telur
70 gram Gula kastor
1 sdt Air lemon di campur sedikit garam.

Caranya :
1. Panaskan Oven dengan suhu 160°C. Siapkan loyang yang di olesi tipis dengan mentega dan taburi tipis dengan tepung terigu. Simpan Sponge cake (** Resep di bawah ) di dalam loyang. Sisihkan.
2. Double boil creamcheese, susu segar, 3in1 coffee dan espresso bubuk. Aduk menggunakan Wishker, hingga tercampur rata dan lembut, masukkan terigu, aduk hingga mengental. Angkat. Biarkan hangat.
3. Masukkkan Kuning telur, kocok cepat hingga tercampur rata.
4. Kocok putih telur menggunakan mixer, hingga berbusa, masukkan Gula kastor dan 1 sdt air lemon yang sudah di campur sedikit garam, Kocok hingga putih dan mengembang tetapi tidak kering ( Soft Peak ). Matikan mixer.
5. Ambil 1/3 adonan putih telur, masukkan kedalam adonan pasta, aduk rata. Kemudian masukkan kembali sisa adonan Putih telur, aduk rata. ( Jangan over mix. )
6. Masukkan kedalam loyang yang sudah di lapisi bagian luar dengan 1 - 2 lembar Almunion foil . Panggang dengan cara Au bain marie selama 2 jam.
7. Setelah matang, biarkan loyang didalam oven dengan pintu oven terbuka selama kurang lebih 30 menit. ( Biarkan sampai hangat / dingin )
8. Angkat loyang dan keluarkan cake, simpan di lemari es semalam, untuk mendapatkan rasa dan tekstur lebih enak dan lembut. Sajikan  

Note :
1. Bisa juga tanpa dengan sponge cake sebagai based cake.
2. Susu segar bisa di ganti dengan double cream / whiping cream cair.

-----------------------------

Wheat-free sponge cakesource : The Australian Women's Weekly
modified : Vivi Nowotny
Bahan :
3 butir telur
110 gr Gula kastor
110 gr Cornflour / Maizena ( 100% )
1/4 sdt Vanilli --> Tambahan dari Vv
1/4 sdt Emulsifier --> Tambahan dari Vv ( optional )

Caranya :
1. Panaskan oven 180 C. Olesi loyang, tipis dengan mentega.
2. Ayak tepung Maizena, sisihkan
3. Kocok sebentar telur menggunakan mixer kecepetan tinggi, hingga kental dan creamy, masukkan gula, vanilli dan emulsifier, kocok hingga gula larut dan adonan putih berjejak. Turunkan kecepatan Mixer dengan kecepatan rendah.
4. Masukkan tepung Maizena ayak, secara bertahap, hingga adonan tercampur rata, matikan Mixer. Pastikan adonan tercampur rata ( homogen ) menggunakan spatula karet, aduk balik pelan.
5. Masukkan dalam loyang, panggang cake kurang lebih 25 menit ( test tusuk ). Cake siap di sajikan atau di gunakan sala satunya sebagai base cake.


Note : Wheat-free songe cake ini sangat cocok sebagai base cake. Karena tekstur dari cake ini cukup kokoh ^_^

Salam LBT


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...