Wednesday 14 December 2011

Tres Leches in Chocolate Cup & Chocolate Walnuts Tres Leches



Alhamdulillah sudah memasuki LBT#11 lagi dan di beri kesempatan lagi sebagai Host di penghujung tahun 2011 ini. Untuk Tema LBT kali ini saya memilih salah satu Cake yang berasal dari Amreika Latin yaitu Tres Leches ( 3 Milks Cake ). Sebelum memberitahu untuk tema kali ini, saya sudah menduga pasti banyak yang tidak susu dan mengira rasa dari Cake yang di siram dengan 3 macam susu ini akan terasa enek, tapiii ternyata sebaliknya kan teman teman... banyak yang bilang ternyata rasa Tres Leches sangat enak... Wahhh jadi merasa seneng juga dengernya. Alhamdulillah kalau teman teman LBT menyukai nya.. dan tentunya kekreatifan teman teman LBT memodifikasi dengan disesuaikan dengan selera masing masing akan sangat beragam rasa dan keindahan TLC ini. TERIMAKASIH LBTers.. SUKSES SELALU untuk semua ^_^



Tres Leches Cake atau Pastel de Tres Leches atau Tree Milk Cake ,
atau dalam bahasa disebut 3 Macam / jenis Susu, ( Leches berarti SUSU dalam bahasa spanyol ) . Adalah termasuk jenis Sponge Cake dan ada resep yang menggunakan jenis Butter cake. Tres Leches Cake berasal dari Amerika Latin dan memiliki beberapa versi dan kekhasan dari beberapa negara latin tersebut, yaitu : Cuban version, Dominician version, Peruvian version, dan Nicaraguan version.
Penggunaan tiga macam susu yang wajib digunakan untuk bahan perendam / siraman adalah sebagai ciri khas dari Tres Leches Cake ini. Yaitu menggunakan susu kental manis ( Sweeted Condensed Milk ), susu kental tawar ( Evaporated Milk ) dan krim kental ( Whipping cream )   :


* Condensed Milk / Susu Kental Manis
Sesuai dengan namanya, susu ini kental dan manis sekali. Susu ini digunakan untuk membuat kue atau campuran pudding atau sebagai salah satu bahan filling martabak, siraman minuman segar dan sebagainya. Contoh : Carnation, Frisian Flag dsb.


* Evaporated Milk / Susu Pekat cair tawar
Jenis susu yang telah diuapkan sebagian airnya, hingga kental ( Pekat ). Sering dipakai sebagai pengganti krim dalam kopi atau pun di gunakan salah satu bahan umtuk soup ( sup ). Contoh : Nestle, Carnation, F&N dsb.


*Whipping cream / Krim cair
Whipping Cream ada yang cair kental dan bubuk. Untuk bahan di dalam Tres Leches ini dapat menggunakan kedua jenis tersebut. Jenis krim kental yaitu Dairy dan Non-dairy. WP Dairy pada umumnya berbentuk cair, rasanya tidak manis dan lebih gurih. WP Non-dairy berbentuk bubuk dan ada juga yang cair, rasanya manis dibadingkan WP Dairy ( Whipped cream bubuk harus dicampur air dingin terlebih dahulu sebelum dikocok, dimana takarannya terdapat pada kemasan masing masing produk ).

Mungkin sebagian LBTers membaca resep - resep untuk Tres Leches Cake hasil googling yang masih kebanyakandalam bahasa Inggris. Untuk lebih memudahkan, dibawah ini adalah salah satu resep yang sudah di translate ke dalam bahasa dan kebetulan sudah di coba juga... Tapi tentunya kalau ( ingin ) menggunakan resep hasil googling sendiri di persilahkan sekali. ^_^



Tres Leches Cake ( Pastel de Tres Leches ) in Chocolate Cup
Source by The Pioneer Woman
Modified by Vivi Nowotny


Bahan :
140 gram tepung terigu
1 ½ sendok teh baking powder
¼ sendok teh garam
5 butir telur, dipisahkan
180 gram gula pasir, ( dibagi menjadi 140 gram dan 40 gram )
1 sendok teh vanili
80 ml Susu cair **


Bahan siraman :
350 ml susu evaporated
350 ml susu kental manis
60 ml krim kental

Frosting :
250 ml krim kental
3 sendok makan gula pasir atau gula tepung


Caranya :
1. Panaskan oven ke 180 derajat celcius. Olesi tipis dengan butter pada loyang 9x13 inchi. Sisihkan.
2. Ayak tepung, baking powder dan garam; sisihkan.
3. Dalam mangkuk besar. Dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi , kocok kuning telur dan 140 gram gula pasir hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan vanili kedalamnya, kocok kembali hingga tercampur rata - kocok sebentar saja.
4. Tuang campuran kuning telur tadi ke dalam campuran tepung dengan menggunakan spatula karet, dengan teknik aduk balik secara perlahan sampai tercampur rata.
5. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kemudian masukan 40 gram gula pasir. Kocok kembali hingga SOFT PEAK ( yaitu dikocok hingga kaku tetapi tidak kering - Untuk pembahasan Soft Peak ini pernah di ulas secara detail oleh Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani saat LBT# COTTON CAKE yang lalu ).
6. Masukan 1/3 adonan tepung kedalam adonan putih telur dengan menggunakan Spatula karet, aduk rata. Kemudian masukkan kembali campuran Putih telur tadi ke dalam adonan tepung, ( Tehnik ini disebut tehnik pancing agar adonan dapat tercampur sempurna ). Aduk - aduk adonan perlahan dengan cara di aduk balik sampai tercampur rata ( homogen ).
7. Tuangkan adonan kedalam loyang. Panggang selama 35 sampai 45 menit ( gunakan dengan test tusuk ). Angkat loyang kue dan biarkan dingin selama kurang lebih 1/2 - 1 jam. Sementara itu untuk membuat siraman, campur dan aduk rata susu kental, susu evaporated dan krim kental di dalam wadah. Sisihkan. ( Bisa juga ditungakan didalam loyang cupcakes langsung atau di dalam paper cup atau silikon cup )
8. Setelah cake dingin. Tusuk - tusuk perlahan permukaan cake menggunakan tusuk gigi atau garpu, dibeberapa bagian cake agar saat cake disiram dengan susu akan terserap lebih baik dan susu tidak menggenang di atas permukaan cake.
Secara perlahan siramkan campuran 3 Susu tadi diatasnya ( saat di siramkan, cake masih di dalam loyang).
9. Masukkan Cake ke dalam lemari es dan biarkan susu sampai betul - betul menyerap ke dalam cake sampai betul betul terserap - kurang lebih 8 jam ( semalam ). Dengan begitu susu akan terserap baik dan tekstur cake akan lebih lembut dan berongga.
10. Frosting : campur semua bahan hingga mengembang dan lembut.
11. Penyajian. Berikan frosting diatas cake merata atau dapat menggunakan spuit, potong - potong ( atau bisa juga setelah cake di potong terlebih dahulu lalu di berikan frosting ), sajikan di atas piring dan beri hiasan buah cherry atau lainnya, jika suka.


Note :

**Susu cair dapat di ganti dengan Santan atau Susu kedelai atau Yogurt atau Whipping Cream atau ButterMilk atau Sour cream dan dapat digunakan juga dari Susu bubuk yang dicampur dengan air.
* Jika ingin menjaga berat badan atau masalah dengan kalori, silahkan gunakan susu khusus, seperti Susu tanpa lemak ( No fat milk ), atau susu rendah lemak, Susu khusus untuk alergi, Susu rendah kalori atau ada juga susu gluten free dsb.
* Untuk Bahan Siaraman, jika tidak ingin terlalu banyak dapat di gunakan hanya 1/2 bahan saja.
* Menurut Bunda Ricke "Bunda Nadhifa" Indriani : " untuk menyeimbangkan rasa susu, cake ini biasanya juga dipadukan dengan buah2an pada toppingnya ataupun pada saat disajikan, atau bisa juga menggunakan selai buah. Cakenya tidak harus vanilla saja, bisa dibuat varian rasa lain sesuai selera. Bila tidak ada evaporated milk, bisa menggunakan fresh milk atau UHT milk (susu cair tawar). "
* Jika semua keluarga tidak menyukai susu, buatlah versi cupcake. Siram satu cupcake, photo dan upload sebagai PR. Cupcake yang disiram dengan susu, silahkan dikirimkan ke teman atau tetangga yang menyukainya.
* Untuk Frosting optional, dapat di ganti sesuai selera misalnya seperti ganache, whipped cream, butter cream ( kalau suka ) atau maringue. Bisa juga tidak memakainya.
* Silahkan kreasikan Tres Leches Cake sesuai dengan inspirasi masing-masing.



Chocolate Cup
by Vivi Nowotny

Bahan
250 gram Semisweet DCC

Peralatan:
Pelastik, di potong segi empat sekitar 15 x 15 cm 
Gelas

Caranya:
1. Lelehkan DCC dengan cara di tim ( Double boil ) diatas api kecil.
2. Ambil 1 sendok makan, tuang diatas pelastik, lebarkan menggunakan pisau atau sendok. Ambil pelastik, kemudian simpan di atas gelas ( Gelas dengan posisi terbalik dan bagian pelastik yang menempel pada gelas ). Simpan di dalam lemari es sekitar 1 jam ( hingga set ). ** dapat dilihat di gambar bawah
3. Perlahan lepaskan pelastik. Chocolate cup siap digunakan.

Note:
1. Dapat juga menggunakan Papercup atau Silicon cup yang ada, kemudian cokelat di oles didalamnya, untuk menghasilkan bentuk lain. tetapi menggunakan Papper cup cokelat mudah rusak saat kertas di lepaskan.
2. Jangan menggunakan Kertas roti untuk alas cokelat karena tidak mudah membentuk / jatuh saat di simpan di atas gelas.
3. Chocolate cup ini dapat disajikan atau diisi dengan cupcakes atau Ice cream atau Chocolate Mousse dsb.






-----------------------------------------------------------------------------------------------------




Chocolate Walnuts Tres Leches Cake by Vivi Nowotny




 Bahan :
225 gram Terigu
1,5 sdt Baking powder
1/8 sdt Garam
140 gram Gula pasir
5 butir Telur ukuran besar
3 sdm Yoghurt
230 ml Minyak sayur
100 gram Walnuts bubuk ( Optional )

Siraman :
100 ml Susu UHT
100 ml Susu SKM
50 ml Susu Evaporated
1/8 sdt Cinnamon bubuk ( Kayu manis bubuk )

Caranya :
1. Panaskan Oven 180 C dan olesi loyang ukuran 20 dengan butter, sisihkan.
2. Hangatkan susu UHT ( Tidak mendidih ). angkat, masukkan sus SKM dan Susu Evaporated, aduk rata. Masukkan kayu manis bubuk, aduk rata. Sisihkan
3. Campur dan ayak terigu, baking powder dan garam.
4. Masukkan semua bahan kedalam wadah besar. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga tercampur rata dengan baik dan mengembang. ( Saya menggunakan Stand Mixer sekitar 6 - 7 menit )
5. Tuang adonan kedalam loyang. Panggang sekitar 25 - 30 menit. Test tusuk kedalam cake untuk memastikan cake matang. Angkat. Diamkan cake dalam loyang hingga dingin.
6. Kikis atau kupas tipis permukaan cake, siram pelan - pelan menggunakan sendok dengan merata di atas cake.
7 Tutup dengan almunium oil dan simpan di dalam lemari es, minimal 4 jam atau lebih baik semalam.
8. Lepaskan cake dari loyang. Siram dengan glasur atau hias dengan topping sesuai selera. Sajikan dingin.









2 comments:

  1. Wuih, itu Cake 3 Susu kira2 cocok ga yah Mba klo di komersilkan dengan versi yg lebih mungil?! Apa bahan2 nya mahal?! Maaf Mba, saya baru pemula yg sedang memulai mencari ide untuk cake2 yg ingin saya jual :)
    Mksih Mbaa.

    ReplyDelete
  2. ada tips ndak min supaya cokelat cepat mengeras?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...