Wednesday 1 February 2012

Kerak Telur Khas Betawi



Kerak Telur atau Kerak Telor, salah satu khas Betawi dulu sempet langka tapi sekarang bisa ditemuin dibanyak tempat. Suka banget dengan kerak telur, cukup dengan 1 kerak telur yang sederhana ini untuk menu makan siang atau malam, sudah sangat mengenyangkan dan enak rasanya.  Untuk bahan-bahannya sangat mudah di dapat, terutama untuk yang merantau seperti saya, juga cara pembuatannya dapat di akali, jika kompor yang digunakan kompor induksi dengan permukaan kompor yang flat seperti yang saya gunakan, karena harus menggunakan wajan yang bukan anti lengket, juga dengan bentuknya yang cekung. Beberapa photo saat pembuatannya dapat dilihat dibawah ini. :)


Kerak Telur
source Youtube & Tabloid Nova
modified by Vivi Nowotny

Bahan:
300 gram Beras ketan putih
6 butir Telur ayam atau telur bebek
100 gram Ebi
2 sdm Gula pasir
4 sdm Bawang merah goreng
200 gram Kelapa parut segar atau kering

Bumbu halus :
3 buah Cabe merah, bakar
2 buah Cabe rawit, bakar ( Optional )
5 cm Kencur, bakar
3 cm Jahe, bakar
1/4 sdt merica putih halus
Garam secukupnya

Persiapan :
1. Cuci bersih dan rendam beras ketan selama 1 malam. Tiriskan
2. Ebi di rendam dengan air hangat sampai mengembang, tirikskan. Belender hingga halus, lalu di sangrai hingga harum.
3. Campur rata ebi halus, gula pasir dan bawang goreng, sisihkan
4. Sangrai parutan kelapa dan bumbu halus dalam wajan dengan api kecil. Masak sambil terus di aduk hingga matang dan kering berwarna kecokelatan.
5. Aduk rata sangrai kelapa tadi dengan campuran ebi tadi. Sisihkan

Cara membuat :
1. Panaskan wajan diatas api kecil, kemudian masukkan 6 sdm beras ketan, ratakan menggunakan sendok makan. Tutup wajan dan biarkan sebentar.
2. Buka tutup wajan. Tambahkan diatas beras ketan dengan 2 butir telur dan 3 sdm campuran sangrai kelapa. Aduk cepat sambil diratakan atau ditipiskan dan membentuk sebuah lingkaran. Tutup wajan kembali. Biarkan matang kurang lebih 5 menit atau hingga matang.
3. Buka tutup wajan, balikan wajan tersebut ( posisi wajan terbalik ) diatas kompor . Kerak telur tidak akan jatuh ke atas kompor. Biarkan kurang lebih 5 menit atau hingga permukaan kerak telur cukup matang dan kering.
4. Keluarkan kerak telur dengan sodet, simpan di atas piring, taburkan kembali campuran sangrai kelapa diatasnya. ( juga dapat di tambahkan bawang goreng, jika suka ).  Sajikan.

Note :
1. Jika menggunakan 3 sdm beras ketan, dapat menggunakan cukup 1 butir telur kecil.
2. Menggunakan telur bebek, rasa dan aroma akan terasa lebih enak.
3. Karena kompor yang flat dan wajan yang cekung, saya akali dengan menggunakan pinggiran loyang kue (bongpas) untuk menyangga wajan. :)




















No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...