Wednesday 15 February 2012

English Muffin with Smoked Salmon







Aduhhhh duhhhh maluuuuuu telattttt bangettttt ngumpulin PR LBT kali ini, karna berhalangan adanya acara bersama keluarga dan teman untuk syukuran sederhana putri saya si Kathy yang ke 3 tahun. Maaf ya Ibu Host, mudah2an tahun depan, InsyaAllah gak akan telat lagi di bulan februari tahun depan ( Semoga masih di beri kesempatan juga tentunya ^_^ ). Karena telat juga, maluuuuu mau jalan-jalan ke dapur LBTers yang hasil karya semuanya keren keren :)

PR LBT kali ini bertema English Muffin, wahhhhh semanget soalnya suami dan anak suka banget. Mereka bisa nikmatin EM dengan di tambahkan olesan mentega dan keju atau dijadikan kulit pizza mini atau di beri topping lainnya sesuai selera. Kalau untuk saya paling suka dengan olesan sour cream dan di beri topping smoked salmon dan sour cream, taburi dengan beberapa buah merica segar ... mmmmmmmm :D

Resep English Muffin yang saya buat kali ini sedikit berbeda dengan resep2 yang pernah saya coba. Ini di ambil dari resepnya Marcy Goldman ( a Passion for Baking ), Every baker has a style.. nahhh Mbak Marcy ini punya keunikan tersendiri dari setiap resepnya.
Salah satunya resep english muffin ini di  bahan biang terlebih dahulu, kemudian dibuatkan untuk dough / adonan. Juga dengan bahan biang ini dapat di simpan lebih dari 2 jam - saya buat 12 jam sebelumnya ( malam sebelumnya ) dan pagi hari baru di buatkan adonannya. Tekstur dan rasa dengan resep ini sangat lembut, sangat empuk, sangat kenyal dan sangat enak .. juga tahan lamaaaaa... Makasih ya Mbak Marcy ^_^


English Muffin and Smoked Salmon
source Marcy Goldman
modified by Vivi Nowotny

Bahan Biang :
480 ml Air hangat kuku
1/2 sdt Yeast
280 gram Tepung protein sedang
70  gram Tepung protein tinggi

Bahan adonan :
180 ml Air hangat kuku
2 sdt Yeast
180 Buttermilk
2 sdm Madu
2 sdm Gula pasir
1 sdm Air lemon
280 Tepung protein tinggi
2 sdt garam
1/4 sdt baking soda
35 gram Cornmeal
350 gram Tepung protein sedang ( di bagi dua bagian )
100 gram sultana / kismis / prunes yang di potong ( Vv - tidak pakai )
2 sdt Kayu manis bubuk ( Vv - tidak pakai )

Cornmeal secukupnya untuk taburan

Caranya :
1. Biang : di wadah besar aduk secara pelan dan merata air dan yeast, biarkan beberapa menit hingga berbuih. Masukkan tepung protein sedang dan tinggi, aduk hingga adonan mengental. Diamkan 2 jam atau 12 jam.
2. Adonan : Tempatkan bahan biang tadi di wadah besar, tuangkan secara perlahan air hangat, yeast, buttermilk, madu, gula, air lemon, tepung protein tinggi, garam, baking soda, cornmeal, dan setengah takaran dari tepung protein sedang. Aduk dan uleni hingga adonan tercampur rata, kurang lebih selama 5 menit. Atau jika menggunakan Stand Mixer gunakan paddle attachment dengan kecepetan rendah selama 3 menit.
3. Uleni kembali adonan atau gunakan dengan paddle attachment jika menggunakan stand mixer. Tuangkan sedikit demi sedikit sisa tepung protein sedang tadi, hingga adonan yang dihasilkan lembut dan cukup basah. ( Jika ingin menambahkan kismis dan kayu manis bubuk, saat nya di masukkan pada step ini. Aduk dan uleni secara merata ).
4. Masukkan kembali adonan kedalam wadah, tutup dengan pelastik warp atau lap bersih. Diamkan 30 menit atau 1 jam. Hingga adonan mengembang double dari ukuran sebelumnya.
5. Uleni perlahan atau gunakan paddle attachment secara perlahan. Tutup dengan pelastik wrap / lap bersih kembali dan Istirhatkan kembali adonan selama 10 menit.
6. Tuangkan adonan di atas meja yang sudah di taburi tipis merata dengan teoung. Pipihkan adonan dengan ketebalan kurang lebih 3/4 inchi. Dan potong dengan menggunakan cookies cutter bulat besar. Simpan diatas kertas roti, tutup dengan plastik wrap atau lap bersih, biarkan selama 30 menit adonan yang sudah di potong tadi hingga mengembang double dari ukuran sebelumnya.
7. Panaskan skillet atau wajan, taburi secukupnya dengan cornmeal, Perlahan masukkan adonan English muffin tadi. Panggang sekitar 5 - 8 menit atau hingga matang dan kedua sisi berwarna kecokelatan. Sajikan hangat bersama pelengkap sesuai selera.


Pelengkap :
Sour Cream
Irisan Smoked Salmon
Irisan Keju 
Pickled red peppers
Daun Dill
Irisan Lemon


Note :
Pelengkap dapat disesuaikan dengan selera, baik dengan rasa manis atau asin.
Saat setelah dingin, English Muffin akan sedikit mengeras akan dapat di hangatkan kembali dengan cara di panggang atau di masukkan kedalam microwave, tekstur akan kembali kenyal dan empuk.







No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...