Tuesday 20 September 2011

Gluten Free Crust - Duck Hoisin Souce Pizza



Monthly event LBT di mulai lagi, LBT#8 kali ini dengan tema Pizza... huaaaa pasti seneng banget, keluarga tentunya suka... untuk tema Pizza kali ini khusus Original Pizza, yaitu maksudnya Crust + Topping. Hmmmm.... banyak banget macam topping untuk Pizza Italy,.. contohnya untuk Pizza Margarita toppingnya Tomat dan Keju,...  Pizza Toscana toppingnya Tomat, Keju, Tuna, Bawang, Sarden dan Buah Olive, ... Pizza Al Tonno toppingnya Tomat, Keju, Tuna dan Bawang,... dan masih banyak lagi :)

Dan Tentunya, kita bisa berkreasi sendiri sesuai dengan selera kita... untuk tugas LBT#8 kali ini.. saya pilih Glutten Free Crust  dan untuk toppingnya dari daging Bebek, Duck Hoisin Souce.


Gluten Free Crust
Source Jennifer Low
Modified Vivi Nowotny

Bahan :
300 ml Air hangat
1 1/2 sdt Yeast
1 sdm Gula pasir
280 gram Tepung beras
100gram Potato starch
60 gram Tepung Maizena
1 1/2 sdt Baking powder
1 sdt Garam
1 sdm Unflavoured Gelatine powder
1 sdm Olive Oil

Caranya :
1. Masukkan gula pasir ke dalam air hangat, kemudian taburkan perlahan Yeast. JANGAN DI ADUK. Goyangkan wadah air tersebut pelan dan sebentar. Tutup dengan pelastik. Diamkan selama 10 menit hingga berbuih.
2. Ayak tepung beras, tepung kentang, tepung maizena, baking powder, dan garam. Kedalam wadah yang besar. Lalu masukkan gelatin powder, aduk rata.
3. Buatlah lubang di tengah campuran tepung tadi. Tuangkan air yeast yang sudah berbuih sedikit demi sedikit, dan tambahkan 1 sdm Olive oil. Gunakan spatula karet, aduk pelan hingga tercampur rata. Kemudian gunakan tangan untuk mengaduk adonan hingga kalis dan glossy. Tutup wadah dengan lap bersih dan diamkan 30 menit. Gilas / uleni kembali. ( Tambahkan air hangat 1 - 2 sdm / secukupnya, jika adonan masih terasa kering ).
4. Siapkan loyang pizza ( Jika ada ), olesi tipis dengan minyak Olive oil .
5. Ambil adonan secukupnya, taruh dan pipihkan tipis di dalam loyang. Panggang sekitar 10 menit, sebelum crust pizza di beri topping.

Note.
1. Untuk gluten free crust pizza ini lebih mudah jika Yeast di larutkan kedalam air hangat.
2. Air dapat di ganti dengan air Susu hangat.
3. Crust akan mengembang saat dipanggang tetapi mengembangnya hanya sedikit dan saat matang crust ini tidak akan berwarna kecokelatan seperti pada crust pizza lainnya.  
4. Jika ingin crust ini lebih berwarna kecokelatan, olesi permukaannya dengan olive oil, tipis dan merata sebelum di panggang.
6. Pipihkan adonan di dalam loyang dengan ketipisan sekitar 5 - 6 mm. Karena jika terlalu tebal crust akan terasa sangat serat dan tidak crispy.
5. Bisa juga tidak menggunakan loyang.
6. Penggunaan minyak Olive oil pada bahan, agar crust / kulit pizza yang di hasilkan lebih renyah.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------



Gluten Free Crust ini, saya gunakan untuk 3 buah pizza jika menggunakan loyang berdiameter 22 cm. Salah satunya adalah :

Gluten Free Crust and Duck Hoisin Souce Pizza
modified Vivi Nowotny

Bahan :
1 Dada bebek
1/2 sdt Chinese 5 spice powder
1/4 sdt Garam
1/4 sdt Merica hitam bubuk
2 Olive oil
3 sdm Hoisin souce
30 gram Keju Mozarella parut ( sy gunakan low fat mozarella )
1 bh Paprika, buang biji, potong kotak atau memanjang
2 btg Daun bawang, iris serong tipis
1 sdm Kacang mete, sangrai / panggang
1 sdt Wijen, sangrai

Caranya :
1. Campur dan aduk rata Chinese 5 spice powder, garam dan merica hitam bubuk.
2. Cuci dan lap Daging dada bebek dengan paper kitchen towels, taburi dengan campuran bubuk spice tadi. Diamkan minimal 10 menit.
3. Panaskan minyak 2 sdm Olive oil di atas api besar, masukkan daging bebek dengan posisi bagian kulit di bawah. Tunggu hingga bagian kulit berubah warna atau sedikit kering. Goreng bolak balik sebentar, sekitar 5 menit setiap sisi - bagiannya. Angkat. Simpan di atas loyang atau Almunium foil. Panggang dengan suhu 200 derajat sekitar 10 menit, ( Daging bebek sebaiknya dalam keadaan setengah matang.. Angkat dan dinginkan. Iris tipis.
4.. Siapkan gluten free crust pizza yang telah di panggang sebentar tadi.
5. Olesi merata permukaannya dengan Hoisin souce.
6. Taburkan dan susun diatasnya keju, paprika, dan irisan daging bebek. Panggang hingga keju meleleh dan berbusa, sekitar 15 menit dengan suhu 170 - 180 derajat.
7. Angkat dan taburi dengan kacang mete, wijen dan irisan daun bawang. Siap di sajikan.

Note :
1. Sebaiknya pilih daging bebek import, karena tekstur dagingnya lebih empuk.
2. Topping bisa ditambhan daun bayam dan taburan daun ketumbar, atau sesuai selera.










No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...