Thursday 1 September 2011

Tiramisu Charlotte Cake



Masih dalam suasana Lebaran, Mohon Maaf Lahir dan Batin ya temen - temen semua.  ^_^

Di Hari Lebaran salah satu temen datang dan ingin di buatkan tiramisu. Jadi sy coba. buatkan Tiramisu Charlotte Cake ini ... Alhamdulillah keluarga nya di rumah sangat suka ^_^
Oya kenapa di sebut Charlotte Cake, sepengetahuan saya karena salah satu ciri khas dari Charlotte cake ini sebagai pinggiran Cakenya yaitu dengan susunan Biskuit ( Lady finger / Savoiradi ). CMIIW ... :D

Tiramisu Charlotte Cake ( Non Egg )
source Happy Baking
modified Vivi Nowotny

Ingredients:
( Menggunakan loyang diamter 18 cm )

Espresso Syrup:

1 sdm Espresso instant / kopi instan bubuk
1/2 sdm Gula pasir
130 ml Air panas mendidih
1 1/2 sdt vanilla essence ( Pasta L'arome - halal )


Filling:

250 gram mascarpone cheese
1 1/2 sdt vanilla essence
3 sdm gula tepung
2 sdm Esspresso Syrup
250 gram Heavy/whipping cream

sekitar 24 Lady finger (savoiardi)
50 gram dark chocolate

cocoa powder, untuk taburan
dark and white chocolate, di serut untuk taburan (optional)
strawberries untuk dekorasi (optional)


Method:

To make the Espresso Syrup:

Larutkan espresso bubuk instan, gula dengan air mendidih. Biarkan hingga dingin. Sisihkan.

To make the Filling:
Dalam mangkuk besar, kocok Mascarpone, gula tepung, vanilla dan 3 sdm sirup espresso dengan menggunakan whisk balloon atau mixer hingga rata. ( kocok sebentar. )

Dengan menggunakan mixer kocok whipping cream sampai lembut dan mengembang ( Jangan over whip ). Matikan mixer.

Gunakan spatula, Ambil 1 / 4 dari krim kocok ( whipped cream tadi ). kemudian campur dan aduk rata kedalam adonan mascarpone. Masukkan sisa krim kocok ke dalam campuran mascarpone. Campur dan aduk rata. Filling siap di gunakan.

To assemble the Cake :
Potong salah satu ujung dari Lady finger ( Biskuit savoiardi ), sekitar 1 cm. Dan gunakan loyang bundar bongkar pasang dengan diameter 18 cm. Susun biskuit mengikuti pinggiran loyang ( untuk bagian pinggir, Biskuit savoiradi JANGAN di celupkan dalam sirup espresso). Akan di butuhkan sekitar 17 buah biskuit savoiardi ( tetapi tergantung pada besar kecil dari jenis / merek yang di gunakan). Jika biskuit savoiradi yang di susun terakhir tidak dapat disisipkan dengan utuh, dapat di potong sesuai ukuran yang akan di gunakan.

Untuk bagian dasar, Ambil satu demi satu Biskuit Savoiradi, dengan lembut celupkan pada salah satu sisi biskuit (jangan merendam) ke dalam sirup espresso dan biskuit yang telah di celupkan di letakan pada dasar loyang, dengan posisi ke atas. Susun dengan rapih. Potong biskuit sesuai panjang pendek yang diperlukan. dan gunakan potongan sisa untuk mengisi ke kosongan antara jarak biskuit yang sudah di susun tadi.

Masukkan filling, beberapa sendok ( setengahnya ), ratakan . Lalu diatasnya beri parutan Dark Chocolate secukunya. kemudian susun kembali biskuit yang sudah di celupkan sedikit ke dalam sirup espresso di atasnya ( salah satu sisi atau kedua sisinya tapi jangan di tenggelamkan ke dalam espresso sirupnya ). Tuang kembali sisa filling, ratakan dengan perlahan. Tutup secara hati - hati dengan pelastik atau almunium foil, dan simpan dalam lemari es minimal 4 jam ( sebaiknya dibiarkan semalam )

Sebelum disajikan, lepaskan perlahan pinggiran loyang bongkar pasang, beri tali pita untuk di ikatkan pada pinggiran biskut, agar tetap kokoh dan terlihat manis, kemudian taburi rata dengan cacao powder. Hiasi dengan serutan Dark dan White Chocolate serta strawberries ( Optional ).


Note :
1. Di resep asli untuk Espresso syrup dan Filling menggunakan Marsala atau Baileys Irish Coffee. Kedua jenis minuman ini mengandung Alkohol. ( Saya tidak menggunakannya )
2. Simpan sisa potongan biskuit untuk di gunakan pada kekosongan antara jarak biskuit yang sudah di susun, jika di perlukan.
3. Jika tidak memiliki loyang bongkar pasang, dapat menggunakan dasar dengan piring saji dan untuk pinggiran di buat dari lipatan Almunium foil yang di bentuk bundar.
4. Karena saya menggunakan loyang berdiameter 22 cm, jadi untuk filling saya gunakan 2 kali adonan. Dan akan tersisa sedikit, ( tergantung yang di gunakan ).
5. Untuk melihat gambaran cara pembuatan Tiramisu Charlotte Cake bisa di lihat dari Youtube ini, Disana yang membedakan bahan untuk fillingnya menngunakan putih terlur dan pada saat membuat cake, dasar loyang di beri sedikit olesan filling.
6. Sebaiknya Tiramisu di sajikan dalam keadan dingin.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...