Friday 22 April 2011

Cheese Puff


 
Atau disebut juga Gougeres ( harusnya ada titik di atas huruf E .. :D ) disini di sebutnya Brandteig. Gougeres ini yang untuk orang Perancis termasuk salah satu appetizer ( makanan pembuka ).
Cheese puff ini merupakan Pate a choux ( Kue Sus ) dimana terbuat dari campuran lemak, air, tepung dan telur, dimasak kemudian di panggang yang menghasilkan kue yang berongga di dalamnya. ( CMIIW ) ^_^

Anakku sangat suka sekali Cheese Puff ini, rasanya yang ngejuuu sekali yang bikin dia bolak balik ke dapur.. hihihi :D

Cheese Puff ( Gougeres )
Source. Chef David
Modified. Vivi Nowotny

Bahan :
250 ml Air
100 gr Unsalted Butter atau Margarine
1/4 sdt Garam ( atau sedikit saja )
150 gr Tepung terigu
3 btr Telur ukuran ( sedang atau besar )
90 gr Keju parut ( Parmesan atau Emmentaler atau Guyere atau Keju yang mudah meleleh )
1 sdm Daun thyme, cincang ( Optional atau bisa di ganti dengan Daun Majoran atau Oregano atau seledri bisa juga, atau lainnya )
1/4 sdt Lada hitam bubuk ( atau Pala bubuk )

Caranya :
1. Panaskan Oven 210° C. Siapkan Loyang di alasi kertas roti.
2. Panaskan air, butter, garam dan Chilli powder ( Jika pakai ). Masak dengan api kecil, hingga Butter meleleh dan panas.
3. Masukkan Tepung terigu, sambil terus di aduk perlahan dan kuat, hingga adonan tidak melekat / lengket pada panci. Matikan api.
4. Pindahkan adonan ke dalam wadah yang lebih besar, biarkan sekitar 2 - 3 menit ( hangat ), masukkan Daun thyme, lada hitam bubuk dan telur secara bersamaan, Kocok dengan Mixer, kecepatan tinggi, hingga adonan lembut dan kental. ( Bisa juga di kocok menggunakan whisker atau sendok kayu, tapi pasti dijamin pegel :D )
5. Rendahkan kecepatan mixer, masukkan Keju parut, kocok sebentar sampai tercampur. Matikan Mixer.
6. Adonan di bentuk bulat menggunakan 2 buah sdm atau sendok es krim atau pipping bag, dengan ukuran besar sedang atau kecil ( Bite-size ) atau menurut selera. Taruh di dalam loyang yang sudah di alasi kertas roti. Panggang sekitar 15 - 20 menit sampai mengembang dan kecokelatan. Angkat. Sajikan Panas.

Note :
1. Dapat di taburi Keju parut secukupnya di atas adonan yang sudah di bentuk, jika rasanya ingin lebih ngejuuuuu lagi.
2. Untuk variasi rasa pedas, bahan adonan bisa di tambahkan Chilli Powder secukupnya. 
3. jika adonan terlalu banyak telur. Cheese puff akan tidak mengembang bagus ( Saat dingin akan kempes ).


Beberapa langkah pembuatan Cheese puff




2 comments:

  1. Mba Vivi... thanks dah bbagi resep. aq dah coba bkin cheese puff ini,, bnerrr rasanya ngejuuu... n "my family loved it".
    tp aq mw tnya nih,, klo dah matang cnderung crunchy apa empuk2 gtu?? coz yg aq buat jdny empuk ddalam gtu yahh...tp luarny garing kok.
    soalny aq kira ini kya kue bawang. hehehe..

    thanks,
    Fenni

    ReplyDelete
  2. Mbak Fenni... maaf baru dibalas... soalnya baru kebaca juga.. hihih... :D .. Seneng banget mbak Fenni dan klrg suka dengan Cheese puff ini... kalau saat matang keluar dari Oven tekstur kue Sus pasti renyah... tai jika sudah dingin akan lembut / empuk luar dalamnya... hehehe...begitu sifat macam kue Choux pastry... makasih banyak sudah di coba... :)

    Salam

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...